Banjir di Jombang, 2 Jembatan Putus dan 15 Rumah Rusak

Njombangan Peristiwa

BERITAJOMBANG.com – Sebanyak 15 rumah warga dan dua jembatan penghubung antarkampung rusak akibat banjir bandang, Senin (1/2/2021) malam.

Banjir bandang tersebut terjadi di Desa Banjaragung, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Kepala Desa Banjaragung Hasan Sulaiman mengungkapkan, banjir bandang itu menerjang dua dusun, yakni Banjaragung dan Banjarejo. “Hasil pendataan kami, ada 36 rumah terdampak. Rumah yang rusak ada 15 rumah, rusak parah ada tiga rumah, ambruk rata dengan tanah,” kata Hasan saat ditemui Kompas.com di lokasi, Selasa (2/2/2021).

Rumah warga yang rusak atau yang sempat diterjang air bah, rata-rata berdekatan dengan aliran Sungai Pakel, yang melintasi Desa Banjaragung dan sebagian wilayah Kecamatan Bareng.

warga melakukan berih-bersig setelaga banjir bandang yang terjadi di di banjaragung kec. bareng Kabupaten Jombang Jawa Timyr

Selain rumah, sebut dia, dua jembatan di desa tersebut juga rusak. Sehingga, akses transportasi warga antarkampung putus. Kemudian, ungkap Hasan, ternak dan perabotan rumah tangga juga banyak yang hanyut terbawa banjir.

“Fasilitas umum ada dua jembatan yang rusak. Korban jiwa tidak ada. Kalau yang dikeluhkan warga, banyak peralatan rumah tangga yang hanyut dan rusak,” ujar Hasan.

Datang setelah maghrib

Banjir bandang yang menerjang Desa Banjaragung terjadi pada Senin selepas maghrib, berasal dari luapan Sungai Pakel.

Salah satu korban banjir, Kasnan mengatakan, sebelum air menerjang rumahnya, jembatan yang berada di sebelah timur lebih dulu mengalami kerusakan.

Banjir yang mengenangi rumahnya berlangsung cepat. Banjir tersebut mencapai ketinggian satu meter. Tembok sisi timur rumahnya pun roboh karena banjir.

“Habis maghrib, sekitar setengah tujuh. Jembatannya yang rusak dulu, air terus naik dan rumah saya kena,” kata Kasnan kepada Kompas.com. Kasnan terlihat sibuk membenahi rumahnya yang rusak diterjang banjir. Ia mengaku bersyukur tak ada korban jiwa akibat banjir tersebut.

“Ayam ternak saya hilang semua. Tapi Alhamdulillah, yang penting semua selamat,” ujar Kasnan.

Pantauan Kompas.com, puluhan warga Desa Banjaragung gotong royong membersihkan sampah bambu yang tersangkut di kolong jembatan, salah satunya jembatan yang terputus akibat banjir.

Selain itu, sebagian warga juga membersihkan lumpur di beberapa rumah yang terdampak banjir.

Penulis : Kontributor Jombang, Moh. SyafiĆ­

Editor : Dheri Agriesta

https://regional.kompas.com/read/2021/02/02/12193591/banjir-bandang-di-jombang-15-rumah-rusak-dan-2-jembatan-putus?page=all#page2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *